Minggu, 05 Februari 2012

sekedar cerita waktu kecil

Al kisah tentang saya.

Hai pembaca nama saya yakub saroni. Saya akan menceritakan sedikit tentang masa kecil saya sampai sekarang ini.

Saya mengawalinya dari mulai pertamakali saya masuk sekolah dasar.

Pada hari itu hari pertama saya bersekolah saya diantar ibu saya untuk daftar sekolah,
saya masih ingat sekali dan rasanya saya ingin kembali pada waktu itu.
Hari pertama saya mengenyang pendidikan waktu itu saya duduk sebangku dengan teman sekampung saya,
dia bernama Andri. Saya bersemangat sekali belajar bersama dia, waktu itu kalo tidak salah teman sekelas
saya ada tiga puluh orang.

Saya belajar membuat pagar2an, hari pertama saya, saya mendapat nilai 8 dan 7,
sedangkan s Andri mendapatkan nilai 8 dan 8. Rupanya si andri tulisan nya lebih rapi dari saya.

Saya pulang dari sekolah jam 9.30 pagi, saya sangat sekali rasanya hari pertama pulang sekolah waktu itu,
setelah sampai dirumah saya bertanya pada ibu saya. Karena saya orang sunda jadi saya berbicara bahasa sunda.
Saya pun mulai bertanya pada ibu saya"Ma ari aceng kelas sbraha?"
ibu saya menjawab "kelas gurubug aceng mah", "naon ma kelas gurubug teh?",
"kelas hiji ceng", "oh... Ari ema kelas sabraha?", "ema ge sami kelas gurubug"
saya pun sedikit tertawa karena mendengar kata "gurubug" yang sedikit agak lucu itu.
Saya pun bertanya lagi, "ari kelas dua naon ma?" "kelas dua mah kelas gerebeg".
Saya semakin ketawa, saya bertanya lagi "kunaon ma pangna disebut kelas gurubug jeung gerebeg?"
ibu saya menjawab "etamah ceng ges tiditu na baheula ker jaman ema sakola mah kelas hiji
teh disebut kelasa gurubug" begitu kata ibu saya.
Saya baru sadar sekarang bahwa kenapa di sebut kelas gurubug,
gurubug itu artinya "gaduh" jadi kelas satu kan kelas yang paling kecil,
mereka kan biasa nya suka rame di kelas jadi lah di sebut kelas "gurubug" itu.

Hari demi hari saya semakin semangat bersekolah karena banyak teman2,
saya berangkat ke sekolah selalu di kasi bekal oleh ibu saya sebesar Rp 300 karena
waktu itu uang Rp 300 cukup lumayan untuk seorang anak SD, lumayan lah cukup untuk beli bakwan 6 biji kalo ga salah.
Oh ia saya lupa sebutin tahun nya waktu itu saya masuk sekolah tahun 1999.

Suatu hari saya sedang main kelereng bersama Andri di dekat rumah saya, si Andri rupanya cukup jago maen nya.
Saya kalah mulu sama dia, hingga kelereng saya habis dan hati saya jengkel karena kalah,
setelah itu saya nangis karena saya kalah maen kelereng. Akhirnya si Andri pun mengembalikan
lagi kepada saya kelereng yang sudah di dapatnya. Si Andri berkata kepada saya "ih... Si Akub
mah rugi ges eleh teh leweh", "bae we atuh kumaha urang, bejaken siah ka ema urang". Saya waktu itu hampir berantem.
Tetapi ibu saya melarang saya dan menyuruh si Andri untuk pulang.

Next.




Suatu hari ketika saya di sekolah waktu itu saya sudah naik ke bangku kelas 2.
Sebelum pulang sekolah ibu guru mengumumkan bahwa besok harus bawa makanan buat botram di sekolah.
"barudak enjing marekel sangu nya cuang botram" kata guru saya. "asiiik botram..
Di mana Bu botram na?" tanya teman2 saya "cuang dimana nya? Sok saha nu gaduh usul!!", "cuang di haur we bu,
enaken caket sawah" kata salah seorang teman saya.
"enya ath cuang di Haurnya, tong hilap nya barudak enjing marekel sangu", "muhun buuu".
"sok ayena mah sikapkeun we gera aruih",
"sikap beri salam..!!" kata ketua murid, kami pun menjawab "assalamu alaikum waroh matullohi wabarokaaatuh".
Setelah itu kami semua pulang dan mencium tangan ibu guru.

Ke esokan harinya saya lupa membawa nasi, dan untungnya ada temen saya yang lupa juga, dia adalah
si Andri teman sekampung saya, "dri kumaha ieu ath teu mawa sangu?" tanya saya pada si Andri,
"ges cuang balikheula we yu!" "hayu atuh", untung waktu itu saya dan si Andri membawa sepeda kesekolah nya.

Kami berdua pun bergegas untuk pulang, setelah sampainya dirumah, saya nganter dulu ke rumah
andri ternya pas dirumahnya Ibu nya andri belum masak nasi, si andri pun kecewa,
"atuh lain titadi andri ek mekel sangu mah" kata ibu andri, a
gak marah2 karena Andri terus saja memaksa ingin bawa nasi, "ges we dri mekel cai wungkul",
"embung ma, hayang jeng sangu". Hingga ahirnya si andri nangis, "kub urang mah ek mekel cai wungkul".
"enya ath dri" ,jawab saya, "urang ge ek mekel cai wungkul".

Setelah semuanya selesai perbekalan kami sudah siap walau pun hanya membawa
air putih doang kami pun bergegas kembali ke sekolah, setelah sampai di deket Haur itu ternyata temen2
udah pada botram duluan dan mereka udah pada selesai, saya dan andri sedikit kecewa, "engges we dri lah
bae yu cuang kasakola we langsung!" seru saya. "enya atuh hayu". Kamipun bergegas kembali ke sekolah dan
menunggu di kelas saja.

Next

0 komentar:

Posting Komentar